You are here
Nasional News Olahraga 

National Paralympic Committee ( NPC) Indonesia menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) dan Musyawarah Olah raga Nasional Luar Biasa ( Musornaslub) 2023

SOLO- Menjelang akhir tahun ini, National Paralympic Committee ( NPC) Indonesia menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) dan Musyawarah Olah raga Nasional Luar Biasa ( Musornaslub) 2023. Rakernas dan Musornaslub NPC Indonesia diadakan di The Sunan Hotel, Solo pada 11-14 Desember 2023.

Sebanyak 32 Pengurus Provinsi NPCI hadir dalam dua agenda besar tersebut. Upacara pembukaan Rakernas dan Musornaslub NPCI dilakukan secara resmi oleh Deputi 4 Bidang Peningkatan Prestasi Olah raga Kemenpora, Surono yang mewakili Menpora RI, Dito Ariotedjo pada Senin (11/12) malam.

Dalam sambutannya, Surono mengatakan Kemenpora sangat mengapresiasi komitmen dan kerjasama seluruh pengurus NPC Indonesia untuk dapat menjalankan pembinaan olah raga penyandang disabilitas untuk dapat melaksanakan kewajiban pembinaan olah raga yang diamanatkan dalam Pasal 67 ayat 2 UU Nomor 11 tahun 2002 tentang Keolahragaan.

“Pembinaan olah raga disabilitas dimulai dengan identifikasi bakat, pengembangan bakat, pembinaan lanjutan dan pertandingan skala nasional dan internaisonal,” kata Surono.

“Dalam pelaksanaannya dibutuhkan komitmen dan kerja keras sehingga dapat mencapai tuiuan akhir yakni mengangkat olah raga disabilitas Indonesia hingga berprestasi di ajang internasional,” puji Surono

“Kemenpora mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya bagi NPC Indonesia yang dipimpin Senny Marbun yang telah berhasil membina atlet disablitas pada ajang single-event maupun multi-event dunia,” tandas Surono.

Sementara itu Ketua Umum NPC Indonesia, Senny Marbun mengatakan butuh kerja keras dan perjuangan guna mengharumkan olah raga disabilitas Indonesia untuk meraih prestasi tinggi seperti hat-trick juara ASEAN Para Games.

“Untuk mencapai hat-trick juara ASEAN Para Games tidak gampang. Hasil ini diraih juga berkat pertolongan Tuhan dan keseriusan kita dalam mengangkat harkat dan martabat olah raga disabilitas indonesia. Sekarang kita adalah ‘macan’ ASEAN,” ucap Senny Marbun.

Sejumlah agenda penting akan dibahas dalam Rakernas dan Musornaslub NPCI 2023 antara lain pencapaian prestasi NPC Indonesia dalam lima tahun terakhir, akselerasi pembinaan olahragawan disabilitas menuju prestasi Indonesia Emas.

Selain itu dibahas pula kerjasama dan hubungan luar negeri NPC Indonesia, persiapan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVII 2024 dan perubahan AD/ART NPC Indonesia tahun 2023 sesuai dengan Undang-Undang No. 11
tahun 2022.

Dalam lima tahun terakhir, NPC Indonesia sukses melakukan pembinaan sehingga membawa olah raga disabilitas Meraih pretasi bagus di ajang internasional. Selain itu juga akan diadakan pemilihan ketua unum NPC Indonesia untuk masa periode lima tahun kedepan.

Pada ajang Paralimpiade Tokyo 2020, Indonesia menempati peringkat 43 daftar perolehan medali dengan dengan perolehan medali 2 emas, 3 perak, dan 4 perunggu. ASEAN Para Games ke-11 tahun 2022 di Solo, Kontingen Merah-Putih menjadi juara umum dengan mengoleksi 175 emas, 144 perak dan 107 perunggu.

Indonesia meneruskan dominasi di kawasan Asia Tenggara dengan mencetak hat-trick atau tiga kali beruntun juara ASEAN Para Games dengan kembali menjadi juara unum dalam ASEAN Para Games ke-12/2023 yang diadakan di Kamboja dengan raihan 159 medali emas, 148 perak dan 94 perunggu.

Pada Asian Games Hangzhou 2023, Indonesia manpu menempati peringkat keenam dengan perolehan 29 medali emas, 30 medali perak, dan 36 medali perunggu.
(Bidang Media & Humas NPC Indonesia).

Related posts

Leave a Comment